Langsung ke konten utama

EVALUASI KEGIATAN KORESPONDENSI


Evaluasi Kegiatan Korespondensi


A. Pengertian evaluasi kegiatan korespondensi dalam kantor
     Evaluasi berasal dari bahasa inggris yakni, evaluation yang berarti "penilaian" atau "penaksiran". Evaluasi dapat diartikan sebagai suatu kegiatan sistematis dan terencana untuk mengukur,menilai,serta mengklasifikasi pelaksanaan dan keberhasilan program.

B. Tujuan evaluasi kegiatan korespondensi dalam kantor
    Tujuan evaluasi kegiatan korespondensi di kantor adalah untuk menilai seluruh kegiatan surat-menyurat yang telah dilaksanakan oleh bagian administrasi perkantiran dalam melaksanakan tanggung jawabnya.untuk dapat melakukan evaluasi,kantor harus sudah mempunyai deskripsi dan spesifikasi kegiatan korespondensi.

C. Proses evaluasi kegiatan korespondensi dalam kantor
    Terdapat beberapa tahapan untuk melakukan proses evaluasi korespondensi dalam kantor. Tahapan-tahapan tersebut dijelaskan pada uraian berikut.
    1. Menghimpun data
        Tahapan menghimpun data dilakaukan dengan mengumpulkan semua surat yang pernah masuk dan dikeluarkan oleh perusahaan.
    2. Melakukan vertifikasi data
        Tahapan vertifikasi data,dalam hal ini semua surat yang pernah masuk dan keluar,dapat dilakukan dengan beberapa cara berikut.
        a. Mengamati susunan redaksi surat dan bentuk surat
        b. Mengamati penulisan alamat surat yamg dikirimkan
        c. Menilai balasan surat dari penerima
        d. Mengindentifikasi surat
        e. Mengendifikasi kesalahan-kesalahan yang ditemukan
   3. Mengolah dan menganalisis data
       Setelah mengumpulkan dan memeriksa isi semua surat yang dihimpun,tahapan selanjutnya adalah mengolah dan menganalisis data.
   4. Memberikan interpretasi dan menyimpulkan data
        Tahapan yang dilakukan setelah pengolahan dan analisis data adalah memberikan interprestasi atau simpulan atas data tersebut
   5. Menindaklanjuti hasil evaluasi

D. Manfaat evaluasi korespondensi
     Evaluasi korespondensi di kantor sangat penting untuk dilakukan karena memiiki banyak manfaat, baik bagi pihak perusahaan maupun bagi pihak yang melakukan korespondensi.
     Manfaat evaluasi korespondemsi adalah sebagai berikut.
     1. Untuknmengetahui berapa jumlah surat yang masuk dan surat yang keluar
     2. Untuk mengetahui permasalahan dalam memproses surat
     3. Untuk mengetahui keluhan dalam balasan surat dari relasi kantor
     4. Untuk mengetahui surat yang masuk dari berbagai organisasi dan berbagai perihal yang tertuang di dalamnya
     5. Untuk mengetahui berapa lama waktu yang diperlukan untuk mengahasilkan surat
     6. Untuk mengetahui pihak yang bertanggung jawab dalam pembuatan surat tersebut

Komentar


Komentar

  1. Siti Masitoh X OTKP II

    BalasHapus
  2. Bilqis devita sari 10 otkp 6

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

LATIHAN SOAL KORESPONDENSI

SOAL PILIHAN GANDA KORESPONDENSI 1. Fungsi komunikasi non – verbal, adalah …. A Menggantikan pesan lisan B Menyampaikan pesan-pesan yang enak disampaikan secara lisan C Membentuk kesan yang tidak mengarahkan komunikasi D Tidak memperjelas relasi E Tidak terpisahkan oleh waktu 2.Surat dinas harus ditulis sesuai dengan bagian-bagian surat. Berikut ini bagian surat yang tidak harus dicantumkan pada surat dinas yaitu …. A Kepala surat B Nomor surat C Tembusan D Isi surat E inisial 3.Bentuk surat henging paragraph style disebut juga …. A Menggantung B Lekuk C Lurus D Resmi E Setengah lurus 4.Zofa menulis surat lamaran pekerjaan yang ditujukan kepada sebuah perusahaan. Contoh tanggal Surat yang tepat untuk surat lamaran yang dibuat Zofa adalah …. Balik Papan, Januari 2019 Surabaya, 10 Januari 2019 10 Januari 2019 Solo, 10 Jan 2019 Cilacap, 10 Januari Satrio menulis surat yang setiap bagiannya ditulis rata kiri seluruhnya. Bentuk surat yang digunakan Satrio adalah …. A Bentuk lekuk B Bentuk ...

TEORI SURAT ELEKTRONIK

Surat elektronik (electronic mail) atau   e-mail merupakan media untuk mengirimkan pesan melalui jalur internet. Fungsinya tak lain untuk mengirimkan pesan baik berupa gambar, teks, atau bahkan video ke suatu alamat email yang akan dikirimkan. Sejarah E-mail atau surat elektronik sudah mulai digunakan pada tahun  1960-an. Namun, pada saat itu belum ada internet hanya terdapat kumpulan komputer yang dibentuk menjadi sebuah jaringan. Ray Tomlinson seorang  computer engineer  di akhir tahun 1971 memperkenalkan konsep email untuk pertama kalinya. Kala itu, Roy tengah bekerja di Bolt, Beranek and Newman (BBN) kepunyaan lembaga pertahanan Amerika. Pada mulanya, Ray bereksperiman pada sautu program yang diberi nama  SNDMSG. SNDMSG tersebut dirancang untuk dapat meninggakan pesan dalam komputer, sehingga orang lain dapat membacanya. Kemudian, Roy menlanjtunyak percobaan tersebut dengan memakai file protokol. File protokol tersebut...